METODE MENGHAFAL MELALUI KATA KUNCI DI PONDOK PESANTREN AL URWATUL WUTSQO JOMBANG

Moch. Sya’roni Hasan dan Ach Mufti Fahmi

  • Moch. Sya’roni Hasan STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
  • Ach Mufti Fahmi STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
Keywords: Metode Menghafal, kata kunci

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode menghafal melalui kata kunci di Pondok Pesantren Putra al Urwatul Wutsqo Jombang serta mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat tersebut.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada dengan rancangan studi kasus teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif Selanjutnya analisis data menggunakan sebuah metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan kegiatan menghafal di Pondok Pesantren Putra al Urwatul Wutsqo Jombang menggunakan metode kata kunci. Kata kunci adalah lafadz atau kata pertama dari tiap tabel, paragraf, sekitar 5 baris, ayat, awal bacaan ayat. Teknis menghafal di Pondok Pesantren Putra al Urwatul Wutsqo Jombang pertama para santri dibentuk kelompok hafalan, setiap kelompok terdiri tidak kurang dari 10 anak kemudian didampingi oleh Ustaz yang masih menempuh pendidikan di bangku perkuliahan dan wakil Ustaz dari kalangan santri yang dianggap mempunyai kompetensi dan kredibilitas. Kedua santri diberi kertas kata kunci materi untuk dihafalkan, kemudian ketiga waktu menghafal santri yakni diwaktu pagi, sore hari.

Published
2020-06-16